Sunday, September 4, 2011

Edwards Tinggalkan Tech 3 Menuju Foward Racing

Setelah Loris Capirossi memastikan pensiun akhir musim 2011 ini, Colin Edwards untuk sementara memastikan diri sebagai rider tertua yang berlaga di musim 2012 mendatang. Edwards memastikan tetap di MotoGP tetapi bukan lagi bersama tim Tech 3 melainkan bersama tim Foward Racing.






Poncharal Edwards Edwards Tinggalkan Tech 3 Menuju Foward Racing
Hervé Poncharal & Colin Edwards. Tidak sepenuhnya berpisah?
Foward Racing merupakan salah satu tim Moto2 yang berencana naik ke kelas MotoGP mulai musim depan sebagai tim CRT (Claiming Rule Team). Colin yang dikenal punya pengalaman dalam mengembangkan motor akan mencoba tantangan baru di kategori ini.

“Saya selalu menjadi test rider yang baik dan saya senang ini akan menjadi tantangan berikutnya,” kata Edwards seperti dikutip oleh Crash.

Sekedar mengingatkan, CRT pada dasarnya adalah konstruktor Privateer yang mulai diberlakukan pada MotoGP 2012 mendatang. Untuk membantu tim di kategori ini bersaing dengan tim pabrikan, CRT – yang dimungkinkan untuk menggabungkan mesin produksi yang dimodifikasi dengan chassis prototipe – diizinkan menggunakan 12 mesin bukan 6 mesin per musim dan 24 liter (bukan 21 liter) bahan bakar per race.

Sejauh ini Foward Racing belum mengkonfirmasi mesin dan chassis apa yang akan dipakainya untuk bersaing di kelas puncak. Namun ada kemungkinan Edwards tidak akan jauh-jauh dari Yamaha dan Tech 3.

Kabarnya saat ini negosiasi sedang berlangsung untuk bisa menggunakan chassis Tech 3 dan mesin Yamaha R1.

“Kami akan naik mesin Yamaha. Masalah chassis, Hervé Anda ingin menjawab ini?,” kata Edwards, memberi sinyal kepada kepala tim Tech 3 Hervé Poncharal.

Kabar lain, Foward Racing juga dikaitkan dengan mesin BMW dan chassis produksi Suter. Kombinasi yang sudah pernah diuji coba oleh Mika Kallio bersama tim Marc VDS.

Kembali ke Edwards. Rider Amerika ini mengawali karir di MotoGP pada tahun 2003 bersama tim MS Aprilia. Saat itu ia sudah berstatus sebagai mantan juara dunia World Superbike. Tahun berikutnya ia pindah ke tim Telefonica Movistar Honda Gresini. Lagi-lagi hanya bertahan satu musim karena tahun berikutnya dia sudah mendampingi Valentino Rossi di tim Gauloises Yamaha.

Tidak seperti saat bersama Aprilia dan Honda, di The Texas Tornado sangat betah di Yamaha. Meski tersingkir dari tim pabrikan, Colin tetap setia dengan pabrikan garpu tala dengan menjadi rider tim Yamaha Tech 3 sejak tahun 2008. Hingga saat ini dia belum sekalipun penah meraih kemenangan. Satu-satunya kemenangan yang nyaris diraihnya adalah saat MotoGP Assen 2006. Sayang akhirnya gagal karena ia mengalami kecelakaan di tikungan terakhir.

Bagaimana kiprahnya bersama tim CRT? Kita tunggu saja…

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...